Cara Menjadi Content Writer Profesional

Pada dasarnya ketika seseorang, apapun pekerjaannya, sudah mencapai tahap 'profesional' maka ia bisa bertahan dalam persaingan di bidang tersebut. Begitu juga dengan content writer, ketika sudah mencapai tahap 'profesional' maka bisa dibilang bahwa penulis tersebut mampu hidup dari pendapatannya di bidang tulis menulis online ini. 

Lantas bagaimana caranya agar seorang content writer khususnya pemula mampu bertahan (baca: Tips Untuk Content Writer Pemula) di bidang ini dan meraih kesuksesan menjadi seorang content writer profesional? Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang content writer agar mampu menjadi seorang content writer profesional, diantaranya adalah:

Jadilah Penulis yang Baik
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para content writer agar menjadi profesional adalah menjadi penulis yang baik. Penulis yang baik di sini bisa berarti ganda; baik dalam hal karakter dan juga baik dalam hal tidak plagiat alias selalu membuat artikel original meskipun salah satu ciri khas di bidang penulisan konten ini adalah menulis ulang artikel yang sudah ada atau biasa dikenal dengan "Paraphrasing." Akan tetapi meskipun begitu, seorang content writer - dan penulis secara umum - tidak boleh hanya sekedar meniru mentah-mentah. Untuk menghasilkan artikel yang baik banyak teknik yang bisa dipelajari (baca: Cara Mengembangkan Tema Artikel)

Usahakan Selalu Menulis Sesuatu yang Baru dan Original

Mungkin langkah ini bisa ditujukan kepada penulis secara umum, akan tetapi terkait dengan seorang content writer, menghasilkan artikel yang baru dan original juga penting. Sebenarnya langkah ini cukup sederhana dan mudah; ribuan artikel baru diposting di berbagai web atau blog dari seluruh dunia, tinggal pilih saja yang cocok dengan tema atau keinginan. Sementara 'original' pada langkah ini mungkin bisa diartikan bahwa kalimat-kalimat yang ada pada artikel tersebut meskipun bersumber pada artikel lain, adalah benar-benar kata-kata atau kalimat-kalimat yang benar-benar original dibuat sendiri. 

Disiplin
Langkah ini sebenarnya merupakan langkah yang secara umum harus dipunyai oleh setiap orang apapun jenis pekerjaannya. Bahkan sejak kecil, disiplin sudah sering diajarkan agar mempunyai pola hidup atau kegiatan yang teratur. Bagi seorang content writer, sikap disiplin juga penting dan harus ada dalam diri setiap penulis.

Cari Website yang Kredibel
Seperti yang telah diulas di atas bahwa seorang content writer mencari sumber artikel dari berbagai website yang ada. Seorang content writer harus mempunyai website atau sumber artikel yang benar-benar berkualitas atau kredibel. Bagaimana cara mengetahui sebuah website tersebut berkualitas? Cari saja yang mempunyai artikel berkualitas, tidak hanya mencari trafik atau pengunjung semata. Seorang content writer secara otomatis mampu membedakan sebuah website yang berkualitas atau tidak dilihat dari artikel yang ada di dalam website tersebut. Bahkan jika perlu, cari beberapa website dengan topik yang berbeda sebagai sumber bahan. Dengan mempunyai website rujukan, seorang content writer akan lebih mudah menulis konten atau artikel setiap harinya.

Pelajari SEO - Keywords, Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari, dll
Meskipun istilah "content is king" sangat ditekankan, peran keywords dalam sebuah artikel online memang sangat penting untuk mendapatkan pengunjung dan trafik. Maka, seorang content writer harus mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization). Klien biasanya meminta jasa content writer karena menganggap content writer adalah orang yang benar-benar paham dalam penulisan online, terutama yang berkaitan dengan SEO. Seorang content writer harus memahami apa itu keywords, bagaimana penempatan keywords yang baik, di mana sajakah keywords harus diletakkan, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan dengan keywords. Jika seorang content writer menguasai itu semua dengan baik, jalan menuju content writer profesional bukan lagi sebuah hal yang mustahil.

Buat Portofolio
Portofolio sangat penting bagi seorang content writer, karena portofolio adalah hasil karya seseorang yang bisa dilihat oleh orang lain. Begitu juga dengan penulis. Cara yang paling tepat bagi seorang penulis untuk memperlihatkan karyanya kepada orang lain adalah dengan mempunyai blog probadi. Di blog pribadi ini, seorang penulis atau content writer bisa menuliskan berbagai hal yang nantinya bisa digunakan sebagai portofolio. Yang perlu diingat, buatlah portofolio tersebut sebagus mungkin sehingga apabila calon klien yang membaca akan langsung mengetahui bahwa pemilik blog tersebut adalah seorang yang profesional. Selain blog pribadi, bisa juga menggunakan sosial media populer sebagai tempat menunjukkan portofolio.

Nah, itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menjadi seorang content writer profesional. Namun harus diingat bahwa embel-embel 'profesional' bukan berarti berhenti belajar, karena bahkan seorang profesional pun harus terus belajar agar pengetahuan dan ketrampilannya terus meningkat. Sekian content writer tips untuk kali ini, sampai jumpa di tips selanjutnya.

2 comments:

eiroberst said...

TINON'S TINON'S TINON'S TINON'S TINON'S TINON
TINON'S TINON'S TINON'S TINON'S TINON. TINON'S titanium bicycle TINON. No one is going to westcott scissors titanium be disappointed, but you can do thinkpad x1 titanium so with an extra dose of heat. The 2019 ford fusion hybrid titanium TINON'S TINON'S titanium chords

Unknown said...

u013j5kixqg846 vibrating dildos,sex toys,dildos,love dolls,wolf dildo,women sex toys,double dildos,horse dildo,Panty Vibrators g263t6brdfk108

Post a Comment

top