Apa sih Content Writer?

Bagi beberapa orang yang gemar dengan kegiatan tulis menulis, istilah-istilah seperti ghost writer atau shadow writer mungkin tidak asing dan telah mengetahui sebenarnya seperti apakah istilah-istilah tersebut ditujukan. Akan tetapi, di jaman seperti sekarang ini yang aktifitas menulis dilakukan lebih banyak secara digital, seperti aktifitas blogging - yaitu kegiatan tulis menulis yang dilakukan secara online, muncul sebuah istilah yang sering disebut sebagai content writer. Lantas, apa sih content writer ini?
Mengenai apakah sebenarnya aktifitas content writer ini memang erat kaitannya dengan aktifitas tulis menulis di internet, atau yang sering dikenal dengan blogging, seiring dengan kemunculan web yang menyediakan layanan menulis via internet seperti Blogger. Blogger memang awalnya merupakan platform independen sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google karena perkembangannya yang siginifikan dari waktu ke waktu.

Kemudian, tentang aktifitas content writer ini yang seiring berjalannya waktu menjadi semakin populer karena berkaitan dengan aktifitas blogging yang menghasilkan profit dari sebuah iklan yang dimuat di web atau blog. Lagi-lagi Google berperan dalam hal ini, dengan layanan iklannya yang sangat diminati oleh para pemilik web atau blog, yang disebut Google Adsense. Lambat laun, mungkin karena kebutuhan akan artikel atau tulisan di sebuah blog atau web yang mempunyai iklan Adsense di dalamnya semakin tinggi, tidak jarang pemilik blog meminta bantuan orang lain untuk menuliskan artikel sesuai dengan permintaan pemilik blog.

Di dalam aktifitas tulis menulis via internet atau blogging, isi atau tulisan di web sering disebut sebagai content, dan nampaknya karena istilah inilah kemudian muncul istilah penulis konten, atau istilah lebih kerennya content writer. Seseorang yang melakukan aktifitas sebagai content writer ini memang menulis artikel sesuai dengan keinginan pemesan artikel, yang biasanya sudah memberikan topik atau tentang apa artikel tersebut nantinya akan ditulis.

Perlahan namun pasti, content writer saat ini menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan karena penulis mendapatkan imbalan atas apa yang ditulisnya. Imbalan ini beragam, seperti ditentukan berdasarkan kesulitan materi atau topik, penggunaan bahasa - bahasa Indonesia atau Inggris, atau bahkan dihitung per kata. Bagi seseorang yang hobi menulis, tentunya kegiatan menjadi content writer ini memberikan kenikmatan tersendiri karena selain dapat menyalurkan hobi, penulis masih akan mendapatkan tambahan uang saku.

Saat ini kebutuhan akan jasa content writer memang masih sangat banyak karena seorang pemilik web atau blog pasti mempunyai blog atau web lebih dari satu, dan untuk mengelola blog dan web tersebut tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka, jasa dari content writer sangatlah dibutuhkan untuk industri blogging ini karena jika mereka tidak memberikan tulisan baru setiap hari, traffik blog atau web akan menurun dan akan berakibat secara langsung pada penghasilan mereka dari iklan di web.

Dengan mengamati apa yang terjadi pada dunia blogging saat ini, menjadi seorang content writer memang cukup menjanjikan. Apalagi jika mampu menjadi seorang content writer untuk sebuah blog atau web terkenal. Disamping akan dikenal di dunia blogging, bayaran yang diterima akan lebih banyak daripada content writer yang baru memulai aktifitas ini. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk memulai aktifitas sebagai content writer?

0 comments:

Post a Comment

top