Cara Mengatasi Writer's Block

Seseorang harus mempunyai disiplin yang tinggi apabila ingin menjadi seorang penulis produktif, yang selalu menghasilkan tulisan-tulisan baru dalam jangka waktu tertentu (Baca: Cara Menjadi Penulis Konsisten). Namun bahkan penulis expert pun seringkali mengalami kebuntuan pada saat-saat tertentu untuk menuangkan ide-idenya dalam sebuah tulisan. Kebuntuan ini di dunia tulis menulis seringkali disebut sebagai writer's block.
Writer's block ini memang seringkali membuat produktivitas menulis menjadi menurun. Akan tetapi, sebenarnya writer's block ini bisa dicegah sehingga produktivitas menulis tidak menurun, atau minimal tidak menurun secara drastis. Penurunan produktivitas menulis memang tidak hanya disebabkan oleh writer's block, akan tetapi, ketika seorang penulis mampu mengatasi permasalahan writer's block ini minimal penulis tersebut masih bisa menghasilkan beberapa tulisan per harinya.

Untuk mengatasi writer's block memang tidak ada cara yang pasti. Maksudnya, misal ada dua orang penulis, maka kedua penulis tersebut mempunyai caranya sendiri dalam mengatasi permasalahan terkait dengan writer's block ini. Maka, seorang penulis haruslah kreatif, karena ketrampilan menulis merupakan skill yang semakin baik ketika terus menerus diasah. 

Sekedar berbagai pengalaman, penulis mempunyai beberapa cara untuk mengatasi writer's block. Salah satu diantaranya adalah melakukan aktifitas di luar ruangan seperti bersepeda ke gunung. Mengapa mengalihkan perhatian ke alam? Menurut hemat penulis, writer's block muncul ketika pikiran dan badan merasa lelah. Ketika pikiran dan bada lelah akan sulit untuk berpikir dan mengembangkan sebuah ide. Nah, dengan melakukan aktivitas ke luar ruangan, pemandangan alam akan membantu memulihkan pikiran dan badan.

Cara tersebut cukup manjur bagi penulis ketika sudah merasakan gejala-gejala writer's block akan datang. Sebagai seorang content writer, seseorang harus tahu gejala-gejala writer's block akan datang. Mengenai gejala-gejala writer's block akan lebih lanjut diulas pada artikel selanjutnya.

Cara penulis untuk mengatasi writer's block selain mendekatkan diri ke alam adalah dengan tidur. Ya, tidur merupakan cara yang juga manjur untuk mengatasi writer's block. Ketika pikiran dan badan lelah, maka tidur  yang merupakan aktivitas penyegaran kembali baik pikiran dan tubuh akan membuat keduanya segar ketika bangun. Satu hal, jangan tidur terlalu lama dan waktu-waktu tertentu sekitar pukul tiga sore sampai enam sore adalah waktu yang sebaiknya dihindari untuk tidur.

Nah, untuk saat ini itulah yang bisa dipelajari sebagai tips menjadi content writer dan mengatasi writer's block. Sebagai penulis harus dituntut kreatif, maka menemukan cara atau metode sendiri untuk mengatasi writer's block akan lebih baik. Sampai jumpa pada ulasan content writer tips selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

top